Tips Merawat Mobil Tua Supaya Awet dan Harga Jual Tinggi

Tips Jun 07, 2021

Tips Merawat Mobil Tua Supaya Awet

Mobil modern dengan fitur yang lengkap memang sudah banyak bermunculan di Indonesia, namun pecinta mobil klasik di Indonesia tidak pernah ada habisnya. Namanya juga mobil tua pasti performanya tidak akan sebagus mobil baru, dalam kondisi ini Anda membutuhkan tips merawat mobil tua Anda supaya performa tetap stabil.

Dengan pola perawatan yang baik, mobil tua anda tetap bisa bekerja dengan prima dan tetap memiliki harga tinggi saat dijual. Setidaknya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil tua dengan baik.

1. Rutin Ganti Oli dan Filter

Untuk jenis mobil yang usianya sudah lewat dari 10 tahun ke atas, maka anda harus rutin mengganti olinya setiap 2500 km. Anda juga harus mengganti filter oli ketika anda mengganti oli mesin, agar performa mobil tetap stabil.

Pada dasarnya, fungsi utama dari filter oli adalah untuk mencegah mesin mobil tersumbat oleh berbagai kotoran. Harga filter oli juga sangatlah terjangkau, karena tidak sampai 1/5 dari harga oli dan cara memperolehnya sangatlah mudah, karena banyak dijual di bengkel mobil terdekat.

2. Perawatan Berkala

Untuk menghindari adanya kerusakan berat pada mobil klasik anda, maka anda perlu lakukan tune up secara rutin. Apabila tune up tidak dilakukan secara rutin dan terjadwal, maka berisiko akan menimbulkan kerusakan yang nilainya sangat besar.

Secara umum, perawatan tune up merupakan salah satu proses perawatan mesin yang dilakukan secara menyeluruh. Perawatan tune up biasanya dimulai dari penyetelan, penggantian komponen, pengecekan hingga berbagai perbaikan pada mobil.

3. Cek Ring, Kabel dan Karet Penyangga

Dengan bertambahnya usia sebuah mobil, tentu akan berdampak pada kualitas komponen penunjangnya. Bagian yang harus dicek secara rutin adalah bagian ring, kabel dan karet penyangga yang memiliki risiko kerusakan lebih cepat.

Pastikan kondisi dari berbagai komponen terjaga dengan baik dan sesuai dengan standar. Apabila tidak dilakukan pengecekan secara berkala, maka fungsi dari berbagai komponen mobil tidak akan berjalan dengan baik dan performa mobil akan menurun.

4. Perhatikan Kebersihan Mobil

Hampir sama dengan kaki manusia, tentu kaki-kaki mobil juga perlu perawatan yang baik. Pada dasarnya, kaki-kaki mobil merupakan salah satu komponen yang penting dalam mobil untuk menopang mobil dan membuat mobil bergerak sesuai dengan fungsinya.

Anda juga jangan membiarkan mobil dalam kondisi yang kotor, agar udara dalam mobil tetap sehat. Apabila debu dibiarkan dalam waktu yang lama, maka akan menimbulkan kerusakan dan akan membuat cat mobil rusak.

Meskipun mobil anda berusia tua, namun anda tetap bisa melakukan poles bodi dan melakukan car waxing. Jika anda memperhatikan kebersihan mobil dengan baik, maka harga mobil akan meningkat dan akan mendatangkan keuntungan di masa depan.

5. Hindarkan Mobil dari Panas Matahari

Ketika anda membiarkan mobil berada di bawah terik matahari yang panas, tentu akan membuat cat dan interior mobil mudah rusak. Pastikan anda menyimpan mobil di tempat yang tertutup atau menyimpan di tempat yang atapnya kanopi. Apabila anda hanya menutupi mobil dengan sarung mobil saja, maka tidak akan efektif.

6. Daftarkan Asuransi

Untuk melakukan perlindungan terhadap mobil klasik, anda juga bisa mendaftarkan mobil ke asuransi mobil antik atau klasik. Dengan asuransi, maka mobil akan akan memiliki perlindungan yang optimal dan asuransi bisa mencegah berbagai kerugian besar yang bisa anda peroleh.

OTODEAL.NET adalah portal online untuk membantu Anda dalam menjual mobil secara online. Proses cepat, aman dan harga transparant. Anda tidak perlu bingung lagi saat menjual mobil tua, yang harus Anda lakukan hanyalah menghubungi kami dan team profesional Otodeal akan menghampiri Anda dan memberikan inspeksi secara gratis.

Tags
jual mobil bekas merawat mobil bekas