Komponen Mobil yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan

Tips Dec 22, 2022

Pada musim hujan seperti saat ini, mengendarai mobil bisa lebih berbahaya dari biasanya. Sebab, musim hujan kerap kali meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Makanya, penting sekali bagi pemilik kendaraan untuk lebih memperhatikan kondisi mesin dan komponen mobil lainnya.

Hal tersebut dilakukan agar keamanan dan keselamatan Anda tetap terjaga selama berada dalam perjalanan jauh maupun dekat. Berikut ini ada beberapa komponen mobil yang perlu diperhatikan saat musim hujan.

Komponen mobil yang perlu dicek saat musim hujan

Komponen Mobil yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Hujan.jpg

Tapak Ban

Komponen mobil satu ini paling penting untuk Anda perhatikan, sebab ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan. Jika kondisi ban baik dan efektif, maka laju mobil pun akan tetap stabil. Untuk mengecek tingkat keausan telapak ban sendiri, Anda bisa mengeceknya dengan melihat Tread Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil.

Jika telapak ban aus dan telah melewati batas TWI, maka pengendalian mobil akan menjadi sulit di jalan licin. Segera ganti ban baru dan jangan lupa juga untuk memeriksakan tekanan udara ban sesuai standar merek mobil. Hal ini bertujuan agar mobil dapat dikemudikan dengan lancar dan tapak ban mampu mencengkeram jalan dengan baik.

Kampas Rem

Kondisi rem yang blong merupakan hal yang begitu menakutkan dan bisa berakibat fatal jika terjadi di saat jalanan licin karena turun hujan. Selain rem blong, tanda-tanda lain kondisi rem tidak normal di antaranya berbunyi saat direm, rem bergetar, hingga lampu rem terus menyala. Jika hal tersebut terjadi, maka hal yang harus pengendara lakukan adalah segera ganti kampas remnya.

Sebab berkendara di musim hujan sangat membutuhkan kondisi rem yang prima. Dalam kondisi hujan, jarak pandang pengemudi menjadi terbatas dan biasanya akan sering mengerem mendadak saat harus mengatur jarak kendaraan. Jika kondisi rem bermasalah, hal ini akan sangat menyulitkan pengemudinya dan membahayakan keselamatan.

Wiper

Saat hujan turun, otomatis jarak pandang pengemudi akan menjadi terbatas karena air hujan yang menerpa kaca depan. Dalam hal ini, komponen mobil yang paling penting untuk diperhatikan adalah wiper. Pastikan wiper dalam kondisi baik, mulai dari gagang, motor penggerak, hingga washer pembersih kacanya.

Selain itu, jangan lupa untuk mengganti karet wiper setahun sekali agar bisa terus menyapu air secara bersih tanpa menimbulkan butiran air. Lalu, periksakan juga air pembersih kaca secara berkala, jangan sampai kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor. Hindari mencampurkan air dengan sabun karena efeknya akan merusak kondisi karet sehingga lebih cepat mengering dan pecah-pecah.

Lampu

Selanjutnya, cek seluruh lampu yang ada di mobil Anda, sebab keberadaan lampu begitu penting sebagai penerang jalan saat gelap dan untuk berkomunikasi dengan pengendara lain. Mulai dari lampu utama, lampu sein, lampu hazard, fog lamp, hingga lampu belakang atau lampu rem. Bila ada yang mati atau tidak berfungsi, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Sebagai catatan, sebaiknya hindari penggunaan lampu hazard di saat hujan lebat. Sebab, lampu tersebut merupakan isyarat atau peringatan bagi pengemudi lain bahwa kendaraan Anda sedang berhenti karena keadaan darurat. Sebaiknya nyalakan saja lampu utama bila memang kondisi jalan benar-benar gelap dan membatasi pandangan Anda saat mengemudi.

Kaki-kaki

Istilah kaki-kaki mobil mengacu pada serangkaian komponen yang berada pada bagian bawah kendaraan terutama yang berhubungan dengan roda. Di antaranya shockbreaker, rack steer, tie road, ball joint, laher roda, dan sebagainya. Kaki-kaki mobil sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu sistem suspensi dan sistem kemudi.

Jika sistem suspensinya lemah, maka akan membuat mobil susah dikendalikan, khususnya saat musim hujan karena jalanan licin. Namun, jika sistem kemudi bermasalah, maka pengemudi akan sulit untuk mengendalikan arah mobil, khususnya saat hujan turun deras dan jalanan penuh dengan genangan air.

Maka dari itu, penting sekali melakukan pengecekan pada komponen mobil satu ini saat musim hujan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan spooring dan balancing untuk mengembalikan kualitas ban dan kaki-kaki mobil. Dari kedua perawatan tersebut, Anda bisa melihat masalah yang ada pada sistem suspensi dan kemudi mobil.

Itu dia sederet komponen mobil yang perlu Anda perhatikan saat memasuki musim hujan. Dalam menghadapi musim hujan, tidak hanya kesiapan fisik pengemudinya saja yang perlu diperhatikan, namun komponen mobil pun juga sangat perlu guna meningkatkan keamanan dan keselamatan saat berkendara.

Jika Anda berniat menjual mobil Anda, otomaju.com bisa membantu melakukan proses penjualan mobil Anda dengan mudah dan cepat. Harga jual pun optimal dan Anda hanya tinggal duduk manis menunggu pencairan dana dari hasil penjualan mobil Anda.

Tags
komponen mobil mesin mobil mobil perawatan mobil