Jangan Khawatir BPKB Hilang, Begini Cara Mengurusnya

Tips Sep 28, 2022

Jangan Khawatir BPKB Hilang, Begini Cara Mengurusnya.jpg

Salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki pengguna mobil adalah BPKB atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Dokumen ini diterbitkan oleh Satuan lalu Lintas (Satlantas) Polri yang disahkan menjadi bukti sah pemilik kendaraan. Tentu BPKB merupakan dokumen penting yang jangan sampai hilang, namun bagaimana jika hal ini terjadi?

Apa yang harus dilakukan, bagaimana biaya dan syarat mengurus dokumen BPKB hilang? Mari cari tahu dari penjelasan di bawah ini.

Biaya dan Syarat Dokumen Mengurus BPKB Hilang

Sebelum mengetahui cara mengurus BPKB hilang, ada beberapa syarat penting yang perlu dipersiapkan, yaitu biaya pengurusan BPKB hilang dan syarat-syarat dokumen yang harus dilengkapi.

Biaya yang harus Anda bayar untuk mengganti BPKB hilang berdasarkan peraturan Pemerintah RI No. 76 tahun 2022 BPKB untuk kendaraan roda 4 atau lebih yaitu sebesar Rp 375 ribu per penerbitan. Tarif ini pun sama untuk syarat biaya penerbitan BPKB baru atau ganti nama kepemilikan kendaraan.

Sedangkan dokumen yang wajib dilampirkan untuk proses ini, yaitu:

  1. Fotokopi KTP atau SIM
  2. Fotokopi STNK
  3. Surat keterangan kehilangan BPKB dari kepolisian
  4. Surat keterangan bank pemerintah (1 lembar) atau dari bank swasta (2 lembar)
  5. Hasil cek fisik kendaraan sebanyak 2 lembar
  6. Bukti pemberitaan di media 3x terbit
  7. Surat keterangan radio
  8. Surat keterangan Reskrim
  9. Surat pernyataan bermaterai

Cara Mengurus BPKB Hilang

Setelah Anda semua persyaratan tersebut terkumpul dan sudah mempersiapkan biaya yang dibutuhkan, selanjutnya adalah berikut proses cara mengurus BPKB hilang.

  • Persiapkan dokumen identitas diri seperti fotokopi KTP atau SIM. Jika kendaraan milik badan usaha maka wajib melampirkan akta pendirian perusahaan, domisili, surat keterangan bermaterai yang ditandatangani pimpinan perusahaan dengan cap perusahaan untuk membuat laporan.

  • Selanjutnya Anda harus membuat surat laporan kehilangan BPKB ke Polsek atau Polres terdekat di kota Anda. Nantinya petugas akan membuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) untuk membuat laporan kehilangan tersebut. Anda akan mendapatkan surat keterangan dari reserse kriminal (Reskrim) dan surat keterangan hilang dari kepolisian. Pastikan informasi yang ditulis sudah tepat sebelum tanda tangan.

  • Anda dapat membuat surat pernyataan kehilangan BPKB atas nama diri Anda dengan tanda tangan di atas materai.

  • Melampirkan bukti iklan berita kehilangan BPKB dari media yang berbeda dengan lampiran berbentuk kliping atau kuitansi pembayaran. Lampirkan juga surat keterangan dari pihak Bank (pemerintah/swasta) untuk menjelaskan bahwa kendaraan tidak dalam status agunan pinjaman.

  • Jika dokumen tersebut sudah terkumpul, Anda dapat mendatangi kantor SAMSAT di kota Anda. Sertakan juga juga dengan dokumen lain seperti STNK, struk pajak atau fotokopi BPKB yang hilang tersebut untuk diserahkan semuanya kepada petugas.

  • Petugas akan memulai proses pembuatan BPKB baru yang kurang lebih akan memakan waktu sekitar 1 bulan.

Mengurus BPKB Hilang Bukan Nama Sendiri

Bagaimana jika Anda harus mengurus BPKB hilang namun bukan atas nama sendiri? Tentu saja bisa, namun Anda perlu membuat surat kuasa atas nama pemilik kendaraan untuk mengurus tersebut. Nama yang dicantumkan dalam surat kuasa harus benar-benar sesuai dengan BPKB dan ditandatangani di atas materai.

Anda dapat melakukan proses pengurusan kehilangan BPKB di kantor SAMSAT. Cukup dengan menyerahkan dokumen yang diperlukan, lalu Anda akan diminta mengisi formulir sesuai ketentuan yang berlaku. Setelah itu Anda dapat melakukan cek fisik kendaraan kemudian simpan dan serahkan cek fisik kendaraan yang sudah dilegalisir disertai tanda periksa kendaraan ke bagian petugas yang mengurus proses tersebut.

Itu dia penjelasan tentang bagaimana mengurus BPKB hilang dan syarat-syarat yang harus Anda lengkapi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Tags
mengurus bpkb hilang